Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS

Setiap orang adalah analis keuangan, bedanya ada yang jago dan ada yang tidak (hehe). Tapi, yang jelas, semua orang pasti mengatur uang mereka mau disadari ataupun tidak. Nah, kalau ingin punya kendali lebih pada uang-uangmu, kamu harus mencatatnya.

Bersyukurlah untuk hidup di era ini, karena sudah banyak akun sosial media yang membahas tentang manajemen keuangan, juga ada banyak aplikasi laporan keuangan yang gratis maupun berbayar.

Aplikasi-aplikasi ini mudah digunakan bahkan oleh orang yang awam banget dengan dunia akuntansi. Kami sudah merangkum 6 aplikasi yang terbaik untuk kalian. Kamu juga bisa langsung mendownloadnya di Play Store Android dan App Store iOS. Yuk, langsung saja disimak ada apa saja app-nya!

1. Finansialku 

Jika kamu memiliki tujuan finansial seperti membeli mobil, membeli rumah, berangkat haji, dan lain-lain, cocok sekali menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa memberikan catatan proses tabungan kamu untuk mencapai tujuan finansial. 

Caranya cukup masukkan nominal tabungan yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan finansial, lalu masukkan setiap jumlah tabungan yang disimpan ke rekening. Selain tabungan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mencatat seluruh pengeluaran. 

2. Aplikasi catatan keuangan harian, Wallet 

Wallet merupakan aplikasi catatan keuangan yang bisa diunduh di perangkat Android atau iOS. Kamu bisa menggunakannya secara gratis tentunya dengan fitur yang terbatas. Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar terlebih dahulu. Tetapi untuk versi gratisannya juga sudah memadai untuk pencatatan keuangan. 

Kamu bisa memasukkan setiap pengeluaran harian sesuai kategorinya, misal untuk makan, untuk bayar tagihan, sampai hal-hal kecil seperti bayar parkir. Nantinya setiap akhir bulan, Wallet memberikan grafik mendetail tentang keuangan kamu agar bisa dievaluasi. 

Demi memudahkan pencatatan, Wallet juga bisa disambungkan dengan rekening bank dan dompet digital.

3. Mencatat keuangan menggunakan Google Sheet

Kalau kamu sudah sering menggunakan Google untuk pencatatan atau kerja sehari-hari, cobalah menggunakan Google Sheet untuk pencatatan keuangan. Kamu bisa menggunakan template atau membuat template catatan keuangan sendiri. 

Kemudian ada berbagai rumus yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung berapa pengeluaran kamu dan berapa pemasukan kamu selama sebulan. 

Agar lebih menarik, Google juga menyediakan beragam grafik yang bisa dipilih untuk menggambarkan kondisi laporan keuangan kamu. Itulah enam aplikasi catatan keuangan gratis yang bisa kamu manfaatkan. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan lho!

4. Money Lover 

Sama seperti Wallet, Money Lover bisa mengklasifikasikan pengeluaran berdasarkan kategorinya, misal untuk belanja di supermarket, untuk makan, untuk nongkrong, bayar tagihan dan lain-lain. 

Dengan cara ini Money Lover kemudian bisa menganalisa di mana pengeluaran kamu terbanyak. Lalu kamu bisa mengevaluasinya demi kesehatan keuangan kamu ke depannya. 

Money Lover ini bisa diunduh secara gratis untuk perangkat Android dan iOS. 

5. Monefy 

Buat kamu yang sudah berkeluarga atau memiliki pasangan, bisa mengunduh aplikasi Monefy. Aplikasi ini memiliki fitur sinkronisasi akun, yang memungkinkan kamu secara bersama memantau pengeluaran anggota keluarga lainnya secara real time. 

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat ponsel pintar Android maupun iOS. Namun versi gratis memiliki fitur yang terbatas. Bila ingin mendapatkan fitur yang lengkap kamu harus membayar Rp 39 ribu untuk berlangganan. 

6. Teman Bisnis

Aplikasi catatan keuangan bisnis yang cocok salah satunya Teman Bisnis. Dengan Teman Bisnis, para pengusaha termasuk pengusaha kecil bisa mencatat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber yang telah dikategorikan. 

Di akhir bulan aplikasi ini juga memberikan laporan secara otomatis terhadap keuangan bisnis kamu, mulai dari laba, rugi, utang, piutang, dan arus kas.

Nah, itu tadi tentang 6 Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik untuk Android dan IOS. Kalian tertarik yang mana? Semoga dengan adanya informasi yang disuguhkan disini memberikan referensi serta bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba.

Post a Comment for "6 Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS"